Tiongkok Haramkan Pemain Sepakbola Pakai Tato

By ommed


nusakini.com - Pihak berwenang Tiongkok melarang pemain sepakbola untuk memiliki tato pada tubuh mereka dan menginstruksikan agar penggawa tim nasional mereka untuk menghapusnya jika ada agar menjadi teladan bagi masyarakat.

Banyak pemain ternama Tiongkok yang memiliki tato belakangan ini, termasuk bek internasional Zhang Linpeng, yang sebelumnya diminta untuk menutupi tato di tubuhnya saat bermain untuk timnas dan klub Guangzhou FC.

Administrasi Umum Olahraga China (GAS) mengatakan dalam sebuah pernyataan berjudul, "Saran untuk memperkuat manajemen pemain sepakbola" bahwa Federasi Sepakbola Tiongkok (CFA) akan memasukan larangan tersebut ke dalam regulasi disiplin untuk pemain tim nasional.


"Tim nasional di semua tingkatan akan secara ketat menerapkan persyaratan yang relevan dari tindakan manajemen ... dan sepenuhnya menunjukkan semangat positif pemain sepakbola Tiongkok dan memberikan contoh yang baik bagi masyarakat," tulis mereka dikutip ESPN.

"Tim nasional dan atlet tim nasional U23 dilarang keras memiliki tato baru, dan mereka yang sudah memiliki tato disarankan untuk menghapusnya sendiri."

"Jika ada keadaan khusus yang disepakati oleh tim, [pemain] menutupi tato mereka selama latihan dan pertandingan."

Dikatakan juga bahwa untuk tim di bawah level U-20 dan seterusnya, perekrutan pemain yang memiliki tato bakal sepenuhnya dilarang.


GAS menambahkan bahwa tim nasional harus menyelenggarakan "kegiatan pendidikan ideologis dan politik" yang akan "memperkuat pendidikan patriotik" para pemain.

"Melakukan hal itu akan "meningkatkan rasa misi, tanggung jawab dan kehormatan, dan menciptakan tim nasional yang mampu bersaing dan berjuang dengan baik dan dengan gaya permainan yang luar biasa," imbuh mereka.

Timnas Tiongkok telah berulang kali gagal lolos ke putaran final Piala Dunia sejak melakoni debut pada 2002 dan tampaknya akan mengulangi hal yang sama dengan absen dalam gelaran 2022 yang berlangsung di Qatar. (gi/om)